Lembar Observasi Motivasi Siswa
Nama Guru :.......................................
Kelas :.......................................
Tanggal :.......................................
Siklus / Pertemuan :.......................................
Nama Siswa Tekun Ulet Rasa ingin tahu Kemandirian Minat Semangat Kemauan Orientasi masa depan
4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1
V v 2 1 2 V
dst
Keterangan
SB : sangat baik dengan skor 4
B : baik dengan skor 3
C : cukup dengan skor 2
K : kurang dengan skor 1
LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN
Penelitian Tindakan Kelas
Mata Pelajaran/Topik:
/
Kelas/Sekolah:
/
Nama Pengajar:
Waktu :
TAHAP/
ASPEK INDIKATOR HASIL OBSERVASI
KEGIATAN AWAL
Apersepsi dan motivasi, oreintasi dan tujuan.
1. Apa yang dilakukan guru model untuk menggali pengetahuan awal atau memotivasi siswa?
2. Bagaimana respons siswa? Apakah siswa bertanya tentang sesuatu masalah terkait dengan apa yang disajikan guru peserta pada kegiatan awal?
KEGIATAN INTI
Materi ajar:
3. Apakah guru model memberikan penjelasan umum tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa?
4. Bagaimana keterkaitan antara pembelajaran dengan realita kehidupan, lingkungan dan pengetahuan lainnya?
Pengelolaan sumber belajar/media 5. Apakah guru model terampil dalam memanfaatkan dan mampu memanipulasi media pembelajaran? ( media Kartu huruf= sesuai dengan tindakan yang diambil )
6. Bagaimana interaksi siswa dengan sumber belajar/media?
Strategi pembelajaran 7. Apakah proses pembelajaran dilaksanakan dengan strategi yang sesuai secara lancar?
8. Apakah siswa dapat mengikuti alur kegiatan belajar?
9. Bagaimana cara guru model memberikan arahan yang mendorong siswa untuk bertanya, berpikir dan beraktivitas?
10. Apakah siswa aktif melakukan kegiatan fisik dan mental (berpikir)? Berapa banyak siswa yang aktif belajar?
11. Apakah guru model mampu menerapkan prinsip – prinsip tindakan yang diambi?
12.Apakah pembelajaran merupakan proses yang menhenangkan dan mengasyikan bagi siswa?
KEGIATAN PENUTUP
Penguatan/
konsulidasi 11. Bagaimana cara guru model memberikan penguatan, dengan mereviu, merangkum atau menyimpulkan?
12. Apakah guru model memberi tugas rumah untuk remidi atau penguatan?
Evaluasi 13. Bagaimana cara guru model melakukan evaluasi pembelajaran?
14. Bagaimana ketuntasan belajar siswa?
KOMENTAR OBSERVER Keterlaksanaan skenario pembelajaran (berdasarkan RPP):
Pelajaran berharga yang dapat dipetik oleh observer:
Lain-lain:
……………………, …………………….2017 ,
Peneliti /Pengamat,
(……………………………………………….)
LEMBAR PENGAMATAN
PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH
Responden Guru
No. Kegiatan 4 3 2 1
1. Membuka pembelajaran dan melakukan apersepsi
2. Penjelasan materi pembelajaran
3. Penjelasan model pembelajaran MAKE A MATCH
4. Teknik pembagian kelompok
5. Pengelolaan kegiatan pembelajaran
6. Pemberian pertanyaan/tugas
7. Kemampuan melakukan evaluasi
8. Menentukan nilai individu/kelompok dan memberikan penghargaan
9. Menyimpulkan materi pembelajaran
10. Memberikan tindak lanjut dan menutup pembelajaran
Jumlah
Keterangan : 4 = Sangat Baik 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang
Jambi, ............................2013
Kolaborator,
___________________________
NIP.
Lampiran 4
LEMBAR OBSERVASI SISWA
DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAPAL
ARTI AYAT AL-QUR’AN
No. Aspek
Penilaian Skor Penilaian
4 3 2 1
1. Hafal 8 ayat dan artinya V
2. Hafal 7 ayat dan artinya V
3. Hafal 6 ayat dan artinya V
4. Hafal 1-5 ayat dan artinya V
Jumlah Skor
Skor Maksimal 100
Keterangan :
4 = nilai 91-100
3 = nilai 81-90
2 = nilai 71-80
1 = nilai 61-70
Jumlah Skor
N = ------------------- x 100
Skor Maksimal
Lampiran 5
PANDUAN WAWANCARA
Responden Siswa
1. Bagaimanakah pendapatmu tentang kegiatan pembelajaran yang baru kamu ikuti ?
..............................................................................................................................................................................................................................................
2. Apakah kamu senang dengan kegiatan pembelajaran yang baru kamu ikuti ? Mengapa ?
..............................................................................................................................................................................................................................................
3. Bagaimanakah pendapatmu tentang cara guru dalam menjelaskan materi pembelajaran ? Jelaskan !
..............................................................................................................................................................................................................................................
4. Bagaimanakah pendapatmu tentang tes/evaluasi yang dilakukan guru ? Jelaskan !
..............................................................................................................................................................................................................................................
5. Apakah kamu dapat memahami materi pembelajaran yang baru kamu ikuti ? Jelaskan !
..............................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran 6
PEDOMAN WAWANCARA
Responden Teman Sejawat (Kolaborator)
1. Bagaimanakah pendapat anda tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Bagian mana yang sudah baik ?
..........................................................................................................................................................................................................................................................
3. Bagian mana yang perlu diperbaiki ?
..........................................................................................................................................................................................................................................................
4. Apakah anda yakin bahwa model pembelajaran MAKE A MATCH dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al Qur’an ?
..........................................................................................................................................................................................................................................................
5. Apa saran anda untuk perbaikan kegiatan pembelajaran selanjutnya ?
..........................................................................................................................................................................................................................................................
Makalah Positivisme Logis , Tugas Kelompok
POSITIVISME LOGIS Dipresentasikan Untuk Tugas Mata Kuliah Filsafat Ilmu Pada Program Magister (S2) Di susun oleh : Fajar Dwi Astuti ( P2A119006 ) Rahmad Wijaya ( P2A119008 ) Dosen Pengampu : Prof. Dr. Aprizal Lukman, M.pd Dr. Maizar Karim, M.pd PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI JAMBI 2019 2 KATA PENGANTAR Asalamualaikum wr.wb Puji syukur kehadirat Allah SWT yang dengan rahmatnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas makalah “Filsafat Ilmu tepat pada waktunya, syalawat serta salam juga semoga selalu tercurhkan kepada Baginda Rasullah SAW. Sang manajer sejati Islam yang selalu bercahaya dalam sejarah hingga saat ini. Dalam pembuatan makalah ini, tentu tak lupa penulis mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pengampun yang telah membimbing penulis selama ini. Tentunya makalah ini, masih jauh dari kesempurnaan. Oleh nya itu penulis senantiasa mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita...
Komentar
Posting Komentar