Lembar Observasi Motivasi Siswa Nama Guru :....................................... Kelas :....................................... Tanggal :....................................... Siklus / Pertemuan :....................................... Nama Siswa Tekun Ulet Rasa ingin tahu Kemandirian Minat Semangat Kemauan Orientasi masa depan 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 4 3 2 1 V v 2 1 2 V dst Keterangan SB : sangat baik dengan skor 4 B : baik dengan skor 3 C : cukup dengan skor 2 K : kurang dengan skor 1 LEMBAR OBSERVASI PEMBELAJARAN Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran/Topik: / Kelas/Sekolah: / Nama Pengajar: Waktu : TAHAP/ ASPEK INDIKATOR HASIL OBSERVASI KEGIATAN AWAL Apersepsi dan motivasi, oreintasi dan tujuan. 1. Apa yang dilakukan guru model untuk menggali pengetahuan awal atau memotivasi siswa? 2. Bagaimana respons siswa? Apakah siswa bertanya tentang sesuatu masalah terkait dengan apa yang disajikan guru peserta pada kegiatan awal? KEGIATAN INTI Materi ajar: 3. Apakah guru model memberikan penjelasan umum tentang materi ajar atau prosedur kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa? 4. Bagaimana keterkaitan antara pembelajaran dengan realita kehidupan, lingkungan dan pengetahuan lainnya? Pengelolaan sumber belajar/media 5. Apakah guru model terampil dalam memanfaatkan dan mampu memanipulasi media pembelajaran? ( media Kartu huruf= sesuai dengan tindakan yang diambil ) 6. Bagaimana interaksi siswa dengan sumber belajar/media? Strategi pembelajaran 7. Apakah proses pembelajaran dilaksanakan dengan strategi yang sesuai secara lancar? 8. Apakah siswa dapat mengikuti alur kegiatan belajar? 9. Bagaimana cara guru model memberikan arahan yang mendorong siswa untuk bertanya, berpikir dan beraktivitas? 10. Apakah siswa aktif melakukan kegiatan fisik dan mental (berpikir)? Berapa banyak siswa yang aktif belajar? 11. Apakah guru model mampu menerapkan prinsip – prinsip tindakan yang diambi? 12.Apakah pembelajaran merupakan proses yang menhenangkan dan mengasyikan bagi siswa? KEGIATAN PENUTUP Penguatan/ konsulidasi 11. Bagaimana cara guru model memberikan penguatan, dengan mereviu, merangkum atau menyimpulkan? 12. Apakah guru model memberi tugas rumah untuk remidi atau penguatan? Evaluasi 13. Bagaimana cara guru model melakukan evaluasi pembelajaran? 14. Bagaimana ketuntasan belajar siswa? KOMENTAR OBSERVER Keterlaksanaan skenario pembelajaran (berdasarkan RPP): Pelajaran berharga yang dapat dipetik oleh observer: Lain-lain: ……………………, …………………….2017 , Peneliti /Pengamat, (……………………………………………….) LEMBAR PENGAMATAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH Responden Guru No. Kegiatan 4 3 2 1 1. Membuka pembelajaran dan melakukan apersepsi 2. Penjelasan materi pembelajaran 3. Penjelasan model pembelajaran MAKE A MATCH 4. Teknik pembagian kelompok 5. Pengelolaan kegiatan pembelajaran 6. Pemberian pertanyaan/tugas 7. Kemampuan melakukan evaluasi 8. Menentukan nilai individu/kelompok dan memberikan penghargaan 9. Menyimpulkan materi pembelajaran 10. Memberikan tindak lanjut dan menutup pembelajaran Jumlah Keterangan : 4 = Sangat Baik 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang Jambi, ............................2013 Kolaborator, ___________________________ NIP. Lampiran 4 LEMBAR OBSERVASI SISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAPAL ARTI AYAT AL-QUR’AN No. Aspek Penilaian Skor Penilaian 4 3 2 1 1. Hafal 8 ayat dan artinya V 2. Hafal 7 ayat dan artinya V 3. Hafal 6 ayat dan artinya V 4. Hafal 1-5 ayat dan artinya V Jumlah Skor Skor Maksimal 100 Keterangan : 4 = nilai 91-100 3 = nilai 81-90 2 = nilai 71-80 1 = nilai 61-70 Jumlah Skor N = ------------------- x 100 Skor Maksimal Lampiran 5 PANDUAN WAWANCARA Responden Siswa 1. Bagaimanakah pendapatmu tentang kegiatan pembelajaran yang baru kamu ikuti ? .............................................................................................................................................................................................................................................. 2. Apakah kamu senang dengan kegiatan pembelajaran yang baru kamu ikuti ? Mengapa ? .............................................................................................................................................................................................................................................. 3. Bagaimanakah pendapatmu tentang cara guru dalam menjelaskan materi pembelajaran ? Jelaskan ! .............................................................................................................................................................................................................................................. 4. Bagaimanakah pendapatmu tentang tes/evaluasi yang dilakukan guru ? Jelaskan ! .............................................................................................................................................................................................................................................. 5. Apakah kamu dapat memahami materi pembelajaran yang baru kamu ikuti ? Jelaskan ! .............................................................................................................................................................................................................................................. Lampiran 6 PEDOMAN WAWANCARA Responden Teman Sejawat (Kolaborator) 1. Bagaimanakah pendapat anda tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru ? ................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 2. Bagian mana yang sudah baik ? .......................................................................................................................................................................................................................................................... 3. Bagian mana yang perlu diperbaiki ? .......................................................................................................................................................................................................................................................... 4. Apakah anda yakin bahwa model pembelajaran MAKE A MATCH dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca Al Qur’an ? .......................................................................................................................................................................................................................................................... 5. Apa saran anda untuk perbaikan kegiatan pembelajaran selanjutnya ? ..........................................................................................................................................................................................................................................................

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Positivisme Logis , Tugas Kelompok

Tutorial Memeriksa & Menghapus kode DTC, Inisialisasi ECU, Reset TP, dan Altitude

Makalah Filsafat : Kritik Karl Raimund Popper terhadap Filsafat Lingkaran Wina