Kerangka Membuat PTK dan Karya Tulis Ilmiah
LATIHAN PTK GURU SMA/ SMK/ SLB PROVINSI JAMBI
Nama : Rahmad Wijaya , SE
Mapel : Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
Sekolah : SMKN 8 Muaro Jambi
1. Tuliskan masalah masalah yang ada dalam proses belajar mengajar anda (masukan minimal 5 )
• Rendahnya kemampuan memahami konsep sistem pengapian pada siswa kelas XI Teknik sepeda motor
• Rendahnya kemampuan bertanya kritis pada siswa teknik sepeda motor kelas XI
• Kurangnya semangat dalam mengakses dan mengumpulkan informasi berkaitan dengan sistem pengapian .
• Rendahnya keterlibatan siswa dalam mengerjakan praktek dalam sistem pengapian.
• Rendahnya kemampuan berpikir dalam menganalisa gejala kerusakan sistem pengapian.
• Rendahnya kualitas pekerjaan siswa dalam praktek perbaikan Sistem pengapian sepeda motor.
2. Tuliskan penyebab permasalahan ( masukan minimal 5 )
• Kurangnya buku literatur Pemeliharaan kelistrikan sepeda motor
• Kurangnya peralatan teknik sepeda motor di Sekolah
• Belum maksimalnya akses internet ,wifi belum tersedia dan sinyal belum lancar di sekolah.
• Belum tersedianya media belajar sistem pengapian
• Metode dan Model guru belum tepat dan sesuai dalam memberikan pembelajaran
• Rendahnya tingkat membaca siswa teknik bisnis sepeda motor.
3.Pilihlah satu masalah esensial ( hanya satu masalah saja yang paling penting untuk diselesaikan )
• Rendahnya kualitas pekerjaan siswa dalam praktek perbaikan sistem pengapian
4. Apa dampaknya kalau tidak ditindaklanjuti ( masukan lebih dari 4 )
• Kualitas lulusan teknik bisnis sepeda motor akan semakin kurang.
• Kompetensi siswa dalam hal keterampilan memperbaiki sepeda motor akan semakin kurang.
• Rendahnya nilai tes ujian keterampilan saat ujian semester atau ujian kelulusan.
• Sedikitnya peminat teknik sepeda motor di Sekolah.
• Kurang diperhatikanya jurusan atau program study oleh Kepala sekolah dan Komite dalam memberikan bantuan dana ke jurusan.
5. Tuliskan kemungkinan tindakan yang akan anda lakukan semester berikutnya (
masukan lebih dari 5 )
• Penggunaan Model Projek Base Learning dalam pembelajaran.
• Penggunaan Model Problem Base Learning dalam pembelajaran TBSM
• Penggunaan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran TBSM
6. Pilih satu tindakan yang akan anda gunakan sebagai treatment / solusi ( hanya satu
saja ).
• Penggunaan Model Problem Base Learning dalam pembelajaran TBSM
7. Tuliskan cara yang akan anda tempuh untuk mengetahui proses peningkatan ( melalui
observasi, kuisioner, tes, cek list dll)
• Tes Unjuk Kerja
• Tes Observasi Kegiatan Pembelajaran
• Quisioner
8. Tuliskan variabel penelitian
• Variabel Tindakan : Model Problem Base Learning.
• Variabel Akibat Tindakan : Peningkatan kualitas keterampilan kerja siswa
9. Tuliskan rumusan masalah penelitian anda.
• Apakah Penerapan Model Problem Base Learning meningkatkan kualitas kerja dan keterampilan memperbaiki sistem pengapian pada siswa TBSM kelas XI SMKN 8 Muaro Jambi ?
10. Tuliskan judul penelitian (memuat tindakan, hasil akibat tindakan dan lokasi)
• Penerapan Model Problem Base Learning meningkatkan kualitas kerja dan keterampilan memperbaiki sistem pengapian pada siswa TBSM kelas XI SMKN 8 Muaro Jambi.
Komentar
Posting Komentar