Kerangka Membuat PTK dan Karya Tulis Ilmiah

LATIHAN PTK GURU SMA/ SMK/ SLB PROVINSI JAMBI Nama : Rahmad Wijaya , SE Mapel : Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Sekolah : SMKN 8 Muaro Jambi 1. Tuliskan masalah masalah yang ada dalam proses belajar mengajar anda (masukan minimal 5 ) • Rendahnya kemampuan memahami konsep sistem pengapian pada siswa kelas XI Teknik sepeda motor • Rendahnya kemampuan bertanya kritis pada siswa teknik sepeda motor kelas XI • Kurangnya semangat dalam mengakses dan mengumpulkan informasi berkaitan dengan sistem pengapian . • Rendahnya keterlibatan siswa dalam mengerjakan praktek dalam sistem pengapian. • Rendahnya kemampuan berpikir dalam menganalisa gejala kerusakan sistem pengapian. • Rendahnya kualitas pekerjaan siswa dalam praktek perbaikan Sistem pengapian sepeda motor. 2. Tuliskan penyebab permasalahan ( masukan minimal 5 ) • Kurangnya buku literatur Pemeliharaan kelistrikan sepeda motor • Kurangnya peralatan teknik sepeda motor di Sekolah • Belum maksimalnya akses internet ,wifi belum tersedia dan sinyal belum lancar di sekolah. • Belum tersedianya media belajar sistem pengapian • Metode dan Model guru belum tepat dan sesuai dalam memberikan pembelajaran • Rendahnya tingkat membaca siswa teknik bisnis sepeda motor. 3.Pilihlah satu masalah esensial ( hanya satu masalah saja yang paling penting untuk diselesaikan ) • Rendahnya kualitas pekerjaan siswa dalam praktek perbaikan sistem pengapian 4. Apa dampaknya kalau tidak ditindaklanjuti ( masukan lebih dari 4 ) • Kualitas lulusan teknik bisnis sepeda motor akan semakin kurang. • Kompetensi siswa dalam hal keterampilan memperbaiki sepeda motor akan semakin kurang. • Rendahnya nilai tes ujian keterampilan saat ujian semester atau ujian kelulusan. • Sedikitnya peminat teknik sepeda motor di Sekolah. • Kurang diperhatikanya jurusan atau program study oleh Kepala sekolah dan Komite dalam memberikan bantuan dana ke jurusan. 5. Tuliskan kemungkinan tindakan yang akan anda lakukan semester berikutnya ( masukan lebih dari 5 ) • Penggunaan Model Projek Base Learning dalam pembelajaran. • Penggunaan Model Problem Base Learning dalam pembelajaran TBSM • Penggunaan Metode Demonstrasi dalam pembelajaran TBSM 6. Pilih satu tindakan yang akan anda gunakan sebagai treatment / solusi ( hanya satu saja ). • Penggunaan Model Problem Base Learning dalam pembelajaran TBSM 7. Tuliskan cara yang akan anda tempuh untuk mengetahui proses peningkatan ( melalui observasi, kuisioner, tes, cek list dll) • Tes Unjuk Kerja • Tes Observasi Kegiatan Pembelajaran • Quisioner 8. Tuliskan variabel penelitian • Variabel Tindakan : Model Problem Base Learning. • Variabel Akibat Tindakan : Peningkatan kualitas keterampilan kerja siswa 9. Tuliskan rumusan masalah penelitian anda. • Apakah Penerapan Model Problem Base Learning meningkatkan kualitas kerja dan keterampilan memperbaiki sistem pengapian pada siswa TBSM kelas XI SMKN 8 Muaro Jambi ? 10. Tuliskan judul penelitian (memuat tindakan, hasil akibat tindakan dan lokasi) • Penerapan Model Problem Base Learning meningkatkan kualitas kerja dan keterampilan memperbaiki sistem pengapian pada siswa TBSM kelas XI SMKN 8 Muaro Jambi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Positivisme Logis , Tugas Kelompok

Tutorial Memeriksa & Menghapus kode DTC, Inisialisasi ECU, Reset TP, dan Altitude

Makalah Filsafat : Kritik Karl Raimund Popper terhadap Filsafat Lingkaran Wina